Senin, 22 April 2013

PYPD - 53.Khatimah *)




KHATIMAH  (PENUTUP)


Demikianlah tulisan ringan kami yang mengkaji beberapa persoalan penting dan dengan tulisan ini kami dapat mencurahkan konsep dan pemahaman kami tentang itu. Jika pemikiran, konsep dan pemahaman kami tersebut benar, maka tiada ucapan yang pantas kami haturkan, selain ucapan Alhamdulillah. Sebaliknya jika ada salahnya, kami menyadari sepenuhnya bahwa diri kami ini adalah sekedar manusia biasa, tempat salah dan lupa. Setiap manusia tidak lepas dari kedua sifat negatif tersebut, kecuali Sayyidina al-Ma’shum Nabi Muhammad saw, yang tidak pernah berbicara sekedar menuruti hawa nafsunya, selain pembicaraan berupa Wahyu yang diberikan Allah swt kepadanya.
Kami berlindung kepada Allah swt dari perselisihan, perdebatan dan pertengakaran yang tidak ada manfaat dan juntrung-nya sama sekali. Kami berlindung kepada-Nya dari ilmu yang tidak bermanfaat, doa yang tidak terkabul dan hati yang tidak khusyuk. Kami berlindung kepada-Nya dari segala kejelekan, kejahatan, cobaan, perbuatan syirik dan bid’ah. Dan kami berlepas diri dari apa saja yang Rasulullah saw berlepas diri darinya dan menetapkan apa saja yang beliau saw tetapkan.
Kami memohon kepada Allah swt, semoga Dia senantiasa menetapkan kami di atas jalan-Nya. Dan kami berharap agar sewaktu mati nanti tetap berada di jalan-Nya itu dalam keadaan muslim, yang berpegang teguh pada tauhid dan beriman kepada-Nya, mati di negeri-Nya (Makkah) dan dimasukkan kedalam lingkungan kaum muslimin yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah swt dan Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, sejak kalimat itu dibawa oleh Rasulullah saw kemudian diwarsikan kepada para sahabat, tabi’in. tabi’uttabi’in dan para pengikut mereka dari kalangan ulama salafusshalih. Semoga kami selalu berada di bahwa naungan para imam tauhid dan naungan para penganjur kebaikan dari kalangan para Pejabat Pemerintah kami yang terhormat ini. Kami berdoa semoga Allah swt selalu memberikan anugerah-Nya kepada mereka untuk tetap menjadi pelindung dan penolong kebenaran, dan semoga dengan jabatan yang sedang mereka pegang ini mereka dituntun Allah swt agar mampu mengantarkan kaum muslimin menjadi masyarakat yang lebih baik.
Segala puji bagi Allah swt, Tuhan Pemelihara alam semesta. Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw beserta keluarga, kaum kerabat, sahabat dan para pengikutnya sampai akhir zaman.
Buku ini ditulis sendiri dengan tangannya dan diucapkan sendiri dengan mulutnya oleh Muhammad bin ‘Abbas bin ‘Alwy, Al-Maliky madzhabnya, As-Salafy akidahnya, Al-Makky kota kelahirannya, Al-Hasany nasab keturunannya, seorang Khadimul ‘Ilmi (pelayan ilmu) di dua Kota Suci, Makkah dan Madinah. Buku ini selesai ditulis di kota Makkah al-Mukarramah pada bulan Rabi’ul Awwal tahun 1404 H / 1983 M.

Alhamdulillah, buku ini selesai diterjemahkan bi’aunillah pada tanggal 25 September 2000 di Surabaya. Semoga bermanfaat. Amin.
Penerjemah,

Achmad Suchaimi

 

________________________________________________


*) Sumber : Diambil dari salah satu bagian dari kitab :
Judul Asli
: مفـاهـيم يجب أن تـصحح
Penulis
: Prof. DR. Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki
Alih Bahasa
: Achmad Suchaimi
Judul Terjemahan
: Pemahaman Yang Perlu Diluruskan (PYPD)











Tidak ada komentar: