Rabu, 29 Mei 2013

MKTS - 10. Ruangan Dalam Ka'bah

______________________________
Oleh : Achmad Suchaimi



Ruangan dalam Ka'bah
Didalam ruangan dalam Ka'bah antara lain terdapat tiga buah tiang kayu penyanggah atap Ka'bah berdiameter 44 cm, tiap tiang berjarak 2,35 meter. Tiang-tiang ini sudah ada sejak jaman Abdullah bin Zubair
 
Denah Ruang Dalam Ka'bah

Dari arah lurus pintu masuk, tepatnya di arah pintu mustajar, terdapat mihrob (tempat sholat), yang dulunya pernah ditempati Nabi sholat.  

Naik ke atap Ka'bah, melalui tangga bab at-Taubah
Pintu di plafon, menuju ke atap atas
Di sebelah kanan pintu masuk Ka’bah terdapat tangga menuju ke atap, dilengkapi dengan pintu yang disebut Bab at-Taubah dan diselimuti dengan Kiswah. Atap (plafon) dan sisi-sisi dindingnya juga ditutupi dengan kain Kiswah sutra berwarna hijau setinggi 7,5 meter yang dihiasi kaligrafi kalimat tauhid dan ayat Al-Qur'an. Kiswah ini diganti setiap 3 tahun sekali. Orang pertama yang memberi Kiswah ruangan dalam Ka’bah adalah isterinya Abdul Mutholib, ibunya Abbas. 
Keluar setelah pencucian ruang dalam Ka'bah
Didalam Ka'bah juga ada kotak peti besar untuk menyimpan barang-barang berharga milik Ka'bah. Disamping tersimpan beberapa batu tulis (prasasti) atas nama orang-orang yang berjasa dalam membangun atau merenovasi Ka’bah dan Masjidil Haram.
Ruangan dalam Ka’bah dua kali dalam setahunnya (setiap bulan Sy’ban dan 1 Muharram) dicuci dengan air zamzam yang dicampur dengan air mawarو minyak misik dan wewangian lain, 

Tidak ada komentar: